BUKA PUASA BERSAMA BEM,HMJ,UKM DAN HMI KOMISARIAT STIP YAPI BONE


Badan Eksekutif Mahasiswa (Bem Stip Yapi Bone) bersama dengan Hmj,Ukm serta HMI Komisariat Stip Yapi Bone melaksanakan buka puasa bersama.

Yang diisi oleh bunda Dr.Sarifa Suhra,S.Ag.M.Pd.I.

Puasa merupakan ajang untuk melatih kesabaran. Puasa mendidik kita untuk hidup sosial dan sederhana. Kita dilatih untuk menahan hawa nafsu sehingga dapat merasakan betapa sengsaranya tidak makan dan minum serta menjaga nilai nilai puasa selama berpuasa. Maka bagi orang yang benar benar melakukannya pasti membuatnya menjadi sabar menahan hawa nafsu dan emosinya yang dapat membatalkan puasa atau mengurangi pahala berpuasa. Sabar itu ada tiga hal :

a. Sabar dalam ketaatan

Artinya seorang mukmin harus sabar menjalankan perintah Allah SWT meskipun perintah itu berat untuk dijalankan dan tidak disukai oleh nafsunya. Seorang mukmin harus tetap taat pada hal-hal yang telah diwajibkan meskipun banyak hal yang merintangi. 

b. Sabar dalam meninggalkan larangan

Adakalanya orang sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, tetapi ia tidak sabar dalam meninggalkan kemaksiatan dan larangan-larangan Allah SWT misalnya judi, ghibah, minum minuman beralkohol.

c. Sabar dalam musibah

Sabar bukan berarti saat seseorang mendapatkan kesulitan lalu ia pasrah tanpa berusaha menghilangkan kesulitan itu atau mencari solusinya. Namun sabar dalam Islam didahului atau bersamaan dengan ikhtiar maksimal dan upaya untuk senantiasa mencari solusi atas ujian yang sedang dihadapinya. Saat semua upaya telah dilakukan, saat ikhtiar mencapai batas maksimal, maka saat itulah sabar bertemu dengan tawakal, berserah diri kepada Allah. dan sebab itulah Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya.

Kegiatan Buka Puasa Bersama juga bertujuan untuk menambah keakraban dan mempererat tali silaturahmi antar Keluarga Besar STIP YAPI BONE. Pada saat berbuka puasa, semuanya bersatu, berkumpul dan bercengkerama satu dengan yang lainnya.

Karena Kegiatan buka puasa bersama (bukber) sudah menjadi bagian dari bulan suci Ramadan di negeri ini. Dan Bukber juga merupakan agenda rutin yang diadakan oleh ragam kelompok, keluarga besar, atas nama alumni, kawanan yang lama tak bertemu, bahkan civitas akademika perguruan tinggi. 

bunda Dr.Sarifa Suhra,S.Ag.M.Pd.I. dalam tausyiahnya menyampaikan pertama:tentang puasa.Barangsiapa yang memberi buka orang puasa, maka baginya pahala semisalnya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.”Sejatinya puasa dan rasa syukur berbuka, mengantarkan hamba menjadi sangat penduli untuk membantu sesama, karena tak makan dan minum hanya sepanjang siang sungguh sangat berat dan menghantam semua urat sendi". Apalagi tidak makan berhari-hari, seperti yang dialami orang miskin. Kepedulian hamba yang berpunya akan menghantarkan pemerataan nikmat Allah SWT di permukaan bumi.

Kedua:anak-anakku semua kemudian nantinyaa ada perpindahan dari generasi ke generasi dimana kalian adalah penerus generasi. maka dari itu ada 3 yang perlu di tingkatkan yang pertama adalah IQ/ilmu. kedua adalah Skill dan ketiga adalah karakter. karena mau sepintar apapun setinggi apapun ilmu yang dimiliki tapi tanpa dibarengi dengan skill dan karakter itu tidak lengkap.alangkah baiknya anakku sekalian ketika memiliki ke tiga hal ini.

Semoga Allah SWT memberikan kekuatan, kesehatan, dan kesempatan untuk dapat menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan yang akan datang. Amin Ya Robbal 'Alamin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENANAM MANGROVE YANG BAIK DAN BENAR OLEH MAHASISWA KKN STIP YAPI BONE DI DESA DATA KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE

TAK MAMPU TERUCAP!

AKHIRNYA BISA MERASAKAN PELUKAN YANG SELAMA INI AKU RINDUKAN